Senin, 27 Oktober 2014

Pantai Nambung Sekotong Lombok Barat Si Gemuruh Ombak dan "Air Terjun" Asin

Hampir setiap hari saya selalu bolak balik hanya sekedar melihat foto-foto yang barusan ku upload di Instagram atau kadang mencari beberapa destinasi wisata lombok dengan hashtag (#) tertentu yang berhubungan dengan wisata lombok, foto demi foto ku lihat akhirnya saya takjub dengan satu foto yang memperlihat Air jatuh dari tebing seperti air terjun tapi tidak tinggi. akhirnya ku tinggalkan komentar untuk ingin tahu keberadaan tempat wisata tersebut dan alhasil yang ku dapat Namanya Pantai Nambung di Sekotong Lombok Barat.

Cukup dengan lokasi Sekotong akhirnya saya pun berkeinginan untuk mengunjungi pantai yang membuat saya takjub. Karena sudah ku tahu lokasinya akhirnya ku beritahu temanku Sa'duddin Hanif untuk mengajaknya mukengunjungi Pantai Nambung. Tepat hari minggu kita pun berangkat dari kota mataram menggunakan motor, Seperti biasa kalau sudah waktunya ngebolang malam harinya saya sering deg dekan ingin segera pagi tiba dan berangkat menuju tempat wisata

Kami berangkat dari kota mataram menuju pantai nambung sekitar 2 jam lebih perjalanan dengan modal bahasa daerah dan bahasa indonesia (untung penghuni lombok nggak pakai bahasa inggris kalau pakai bahasa bule saya pasti nyasar :D ) saya pun bertanya kesana kemari untuk menuju lokasi, meskipun kami tinggal dilombok tidak serta merta kami sudah mengusai semua lokasi yang ada dilombok dan alhamdulillah kami pun sampai tujuan dengan selamat berkat bantuan masyarakat lombok yang ramah, yang penting kalau bertanya menggunakan motor kamu matikan motor dan turun dari motor kamu akan di jawab disetai senyum merona :D . Akses kesana bisa menggunakan Sepeda (bagi yang senang Gowes) Motor, Mobil bagi yang senang liburan bersama keluarga.

Selama diperjalanan sering ketemu dengan mobil dan motor di depan saya ini ternyata mereka juga menuju ke Pantai Nambung.
Pantai Nambung
Medan perjalanan menuju Pantai Nambung sangat bagus

Tanpa kusadari akhirnya perjalanan kami yang berharap segera sampai dan akhirnya sampai juga di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, yaitu lokasinya Pantai Nambung . Kami di tuntun jalan menuju pantai dan memarkir kan motor di rumah warga, Selapas parkirkan motor saya pun lari ingin melihat dengan segera pantai yang dari tadi ingin segera memanjakan mata ku, Dengan pasir pantainya yang khas yaitu pantai merica membuat kaki ku terasa berat berjalan di pantai yang sangat luas,
Lihat tenda pedagang minuman atau eskelapa muda

Pantai ini luas banget tapi sayangnya pas kesini saya cuma ngexplore hanya kesebelah kiri saja, ah ini gila dalam hati ku betapa tidak saya di suguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa air pantai yang tenang, pantai yang sangat luat, pasir merica ditambah dengan birunya air laut si panjang bibir pantai. lelah di perjalanan sudah terbayar sampai disini
Nambung beach
View Pantai nambung sebelah kiri

Next time harus pergi ke sebelah kanan pantai ini, yup kebanyakan wisata lokal berpusat ke Air Terjun Asin yang itu di ujung pantai nambung sebelah kiri
Pantai Nambung Sekotong
View Pantai Nambung Sebelah Kanan

Sebelum menuju ketempat Air terjun Asin beristirahat dulu dibawah pohon yang ada di pinggir pantai karena disini tidak tersedia restoran atau penginapan tapi ada warga setempat yang berjualan dan rumah warga juga ada disekitar pantai.
Nambung Beach Sekotong
Karena panas berteduh dibawah pohon dulu.

Pasirnya putih dan banyak kalau saking banyaknya kalau jalan bikin capek, tapi itu tidak masalah karena pemandangan pantai Nambung ini sungguh luar biasa (Luas, Indah dan menakjubkan)
Nambung Beach
Maaf kaca mata murah meriah ku jadi tumbal jepret, Fokus kepasirnya ya

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di tempat yang bebatuan, jalan sudah mulai lancar tidak seperti berjalan diatas pasir. perjalanan ini menuju ke tempat gemuruh ombak
Pantai Nambung Lombok
Pantai nambung ini banyak batu loh, setelah sampai sini kaki terasa singan banget.

Disaat siang para pengunjung Nambung Beach ini tidak pernah sepi sepeerti yang terlihat ada yang pulang dan ada yang baru saja datang seperti saya ini, sekarang kita berjalan di bebatuan perlu hati hati karena selama perjalanan ke air Terjun Asin kita akan melewati batu batu besar.
Ada yang pulang dan ada yang datang untuk menyaksikan Air terjun Asin

Teman ku ini tidak sabar untuk mengabadikan dirinya saat ombak menghantam batu besar didepannya dan seketika itu pula ombak membentuk air terjun mengikuti bentuk belakang batu.
Pantai Nambung Lombok
Dia nih manggil manggil mulu, Ayooook Foto aku, ayookk sambil terik teriak ahahah

Sedang menunggu si raja ombak bergemuruh dan memuntahkan kesejukkannya kesiapa saja yang mendekat
Air Terjun Asin
Moment kayak gini aku takut banget, karena suaranya keras, kaget + Takjub

Jangan kira ini awan ya. ini semburan ombak yang menghantam batu gede ini bayangkan aja segimana gede ombaknya. sampai sampai saya ketakutan ahahahah (serius saya takut) setelah berulang kali semburan akhirnya saya menikmati dan merasa takjub dengan proses yang semula dari ombak nyemburin siapa saja yang mendekat hingga menjadi akhir air terjun berasa asin (Asinnya karena air laut :p )
Air Terjun Asin Lombok
Wow Wow Wow, batu dipinggir didepan saya jepret ini licin, Saya bener jatuh sambil bilang Wowh

Huuuuuu sumpah saya nggak berani lewat ke tempat orang dua ini karena seakan akan ombak yang datang itu menerkam siapa pun yang mendekat bahkan seakan akan kita itu menunggu kedatangannya
Air Terjun Asin
Ombaknya tuh sampai ngelewatin tebing tuh

setelah semburannya sampai melewati kolam hijau di bawah tebing batu barulah dia berubah bentuk menjadi air terjun rasanya asin karena yang menjadi air terjunnya itu adalah ombak dari air laut :D
Pantai Nambung
Akhirnya jadi

Yang tidak ingin basah, tidk berani mendekat karena akan basah kuyup disembur ombak,
Yang tidak ingin basah

Mandi di kolam ini memang sesuatu yang berbeda dari pada mandi di pantai pantai yang lain sungguh menakjubkan tak bisa diungkapkan dengan kata kata.
Pantai nambung Sekotong
Tuh bonusnya ada putri duyung hahahah
Trip menuju ke Pantai Nambung Sekotong Lombok Barat. terletak di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB.

• Berangkat dari mataram menuju sekotong butuh 2 jam perjalanan
  • Bisa ditempuh dengan semua kendaraan
  • Di pertigaan Sekotong dan pelabuhan lembar belok kiri (Nah kini sudah memasuki daerah Kecamatan Sekotong)
  • Di pertigaan selanjutnya bisa ditempuh lewat atas bukit atau lewat bawah bukit,
  • Di kotanya Sekotong (rame kecamatan) ada pertigaan lalu belok kiri, karena pantai nambung berada di Sekotong Barat (kalau belok kanan arahnya pantai elak elak)