Sabtu, 27 Desember 2014

Pantai Semeti Surga Alam Indah Lombok Tengah dengan Jargonnya Aquarium Alamnya

Pantai Semeti yang berlokasi di lombok tengah bikin penasaran karena foto foto yang berselewiran di internet membuat ku ingin segera berangkat  kesana, tepat pada hari minggu tanggal 21 Desember 2014 selepas shalat dzohor saya pun berangkat dari mataram melalui jalur pantai kuta, sama seperti dengan jalur ke pantai mawun, masih ingatkan postingnku sebelumnya? Yup pantai semeti bisa ditempuh melalui jalur pantai mawun dan bisa ditempuh juga melalui jalur selong belanak,
namun jika kalian mau memilih perjalanan yang disughi pemandangan bukit bukit yang asri banget serta dikenalin seabrik pantai pantai yang indah lainnya maka lewat jalur kuta tapi lebih jauh daripada jalur kuta, namun ada yang lebih cepat perjalanannya yaitu lewat pantai selong belanak tapi pemandangannya tidak seindah melalu jalur pantai kuta. Bayangkan banyak tempat tempat yang indah yang baru ku tahu, yang belum pernah ke semeti saya saran kan lewat jalur kuta biar kamu terperongoh dengan keindahan alam lombok tengah derah selatan ini.

Semakin berkembangnya pariwisata dilombok pantai semeti ini semakin banyak di kenal oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, di dukung dengan gilanya dan semangat 45nya para pecinta alam wista lokal menjadikan alam wisata lombok semakin dikenal luas oleh orang diluar lombok.

Pantai semeti yang dulunya menjadi secret beach karena memang lokasinya tidak mudah dijangkau penuh kesabaran dan penuh semangat, karena pantai ini berada di lokasi persawahan jadi kita mau nggak mau harus melalui jalan persawahan ada yang diaspal namun berlubang dan masih juga belum diaspal, aplagi musim hujan pasti nemuin jalan yang becek. tapi terlepas dari itu lihatlah pemandangan pegunungan bukit bukit kecil yang akan membuat mata fresh Go Green.

Ini salah satu spot perjalanan favorite saya selain pemandangan pantai kuta dari atas bukit. yang pernah merasa pernah menggamar pemandangan yang memiliki dua bukit lalau di tengahnya da jalan berarti masa kecilnya sungguh bahagia hehehe. 
Pantai Semeti Lombok
Spot perjalanan indah menuju pantai Semeti

Setalah menikmati indahnya pemandangan pedesaan serta sesekali diselipkan pemandangan pinggir pantai salah satunya pantai Lencing, akhirnya saya bertemu juga dengan papan penanda yang bertulis Pantai Mawi. Mencari lokasi pantai semeti tentu mencari lokasi pantai Mawi, karena lokasi kedua pantai ini berada di lokasi yang sama ditambah satu lagi pantai yaitu pantai Tlawas next time akan ku explore juga nih pantai. Baiklah setelah ketemu papan penanda pantai Mawi kalau mengikuti jalan beraspal ini arah ke panti Selong Belanak saya langsung belok kiri yaitu masuk kepantai Mawi, pantai Semeti, dan pantai Tlawas 
Pantai Semeti Lombok
Dipanapan Penanda berwarna Hijau Tertulis Pantai Mawi, 

Sekarang ini saya sudah berada dalam perjalanan pantai Semeti, Pantai Mawi dan Pantai Tlawas untuk menuju kesana saya harus belok kiri pertigaan ini berada di tanjakan harap hati-hati dalam mengendarai motor karena jalannya berkerikil, kadang beraspal tapi masih lubang sana lubang sini. Ingat Belok kiri 
Pantai Semeti Lombok
Belok kiri di pertigaan untuk menuju ke pantai Semeti


Setelah melewati pertigaan tadi saya masih menempuh perjalanan yang sengit dan akhirnya bertemu dengan area pintu masuk wisata pantai yang dijaga oleh pemuda pemuda lokal yang ramah, ketentuannya bagi pengendara bermotor lokal membayar area pintu masuk wisata sebesar Rp. 5.000 kalau bule Rp. Rp. 10.000 dan bagi roda empat membayar Rp. 20.000 saya kemarin bayarnya Rp. 10.000 karena di plangnya tertulis motor 10.000 roda empat Rp. 20.000 ternyata tulisan itu untuk bule. setelah masuk area wisata pantai saya masih menempuh perjalanan lagi karena saya perginya usim hujan jadi sesekali saya menemukan jalan becek karena pantai ini berada di jalur persawahan. dibawah ini ada pertigaan  kalau belok kanan itu jalur pantai mawi kalau belok kiri itu jalur pantai tlawas dan semeti, saya melanjutkan perjalanan dengan belok kiri. Pantai ini terkenal dengan pantai tersembunyi. jadi harus sabar dan sabar untuk mengintip keindahan alam yang terselip dibebatuan semeti, 
Pantai Semeti Lombok NTB
Pertigaan belok kanan ke pantai Mawi belok kiri ke pantai Semeti dan Tlawas

Setelah melewati pertigaan dan belok kiri saya juga masih menempuh perjalanan sambil santai mengendarai  menikmati area persawahan dan bukit bukit yang mulai tumbuh dedaunan hijau segar. Karena sudah belok kiri berarti pembicaraan kita lepas dari pantai Mawi sekarang tinggal pantai Semeti dan pantai Tlawas. Akhirnya saya sampai juga di pantai semeti. ketika sampai pantai semeti tidak ada pohon rindang untuk berteduh yang ada hanya sebuah berugak, dan areal parkir bermotor yang nanti kita membayar Rp. 5.000 lagi. di pantai semeti ada yang jualan juga bagi yang tidak sempat membawa air, minuman dingin atau untuk pengganjal perut nggak usah khawatir. kalau masalah harga saya kurang tahu karena pada hari itu saya ngebolang sendiri dan sedang dalam keadaan puasa Daud (Puasa selang sehari)
Pantai Semeti Lombok Tengah
Area parkir pantai Semeti
Hmmmm Pantai yang menakjubkan, saya kira batu batuannya cuma berada di area Aquarium Alamnya saja ternyata hampir sepenuhnya dasar pantai semeti ini dipenuhi batu, view ini sebelah kanan pantai dan saat ini air pantai sedang surut jadi batu batunya kelihatan. Lihat diujung bukit ada tumpukan batu kalau airnya sudah pasang disana ombaknya gede. 
Pantai Semeti Lombok
View pantai semeti sebelah kanan

Saya langsung menggantikan arah pandang ke area sebelah kiri karena melihat tumpukan batu seakan membentuk bukit dengan hamparan batu dan melanjutkan perjalanan ke sebelah kiri, by the way di ujung kiri sana spot saya mandi sore heheh enak banget airnya bening banget dan pasirnya teduh tidak keruh membuatku tak ingin segera beranjak selesai mandi 
Pantai Semeti Lombok
Vie pantai sebelah kiri pantai

Masih surut air pantainya, dan terlihat lebih dekat kalau pantai yang ada batu batunya kayak gini dan ketika air pantainya sedang pasang, airnya itu bening banget dan mampu membuat saya meluncur untuk berenang sambil menikmati ombak yang ingin mendekati bibir pantai.
Pantai Semeti Lombok
Dasar pantai semeti 


Ini dia bentuk pasirnya pantai semeti,  cukup besar tapi tak sebesar merica tapi tidak semua area pantai semeti memiliki pasir yang segede ini,  karena didekat bukit pasirnya putih halus.  Pasir ini pas dimuka garis pantai saat saya tiba yaitu dekat area Parkir
Pantai Semeti Lombok
Pasir Pantai Semeti 

Kini saya akan menaiki bukit batu batu pantai semeti,  sebuah penomena apam yang sangat luar biasa, yaitu sebuah suasana pantai dengan pasir putihnya namun diarea garis kiri pantai saya disuguhkan pemandangan yang lain dari pantai yang lain,  banyak yang tak menyangka kalau lombok memiliki sebuah surga alam yang indah yaitu pantai dipenuhi pasir putih ditambah dengan bebatuan alam membentuk daratan yang menjulur ke laut yang mengakibatkan bentuk teluk sehingga membuat air laut masuk berbondong bondong. 

Pantai Semeti Lombok NTB
Bebatuan di pantai Semeti 

Saat pemandangan seperti ini saya sudah naik ke bukit bebatuan pantai semeti,  jangan heran jika kalian mengujungi pantai ini lalu menemukan beberapa nelayan yang sedang menikmati hobi nya sebagai pemancing mania,  kalau ditanya tempat ini banyak ikannya nggak?  Saya jawab nggak. Karena saya kunjungi yang mancing mereka nggak dapat apa apa termasuk juga yg pasang jala,  namun mereka tidak mencari ikan semata tetapi memadukan hobi nta dengan pemandangan yang indah. Bayangkan saja spot seperti ini saya bisa menikmati dua pantai dari kejauhan yaitu pantai mawi dan selong belanak.  Gimana tertarik tidak?  Yaudah kalau kesini bawa alat pancingnya. 
Pantai Semeti Lombok NTB
Nelayan yang sedang mancing di pantai semeti 

Sebuah pemandangan yang indah, berdiri dengan sepuasnya melihat sekitar mata yang tak ternilai harganya,  hanya pantai semeti yang mampu memberikan suasana mengaagumkan seperti ini, lihat saja batu semeti yang menjulur kelaut bagaikan tanjung yang tak mampu tergeser oleh derasnya ombak laut selatan,  dan tak sedikit ombak yang masuk kedalam teluk bebatuan pantai semeti mereka berkali kali menghempaskan dirinya.
Pantai Semeti Lombok NTB
Tanjung batu pantai semeti
hahahaha Saya ingin tertawa bahagia untuk menggambarkan betapa terpananya saya setelah berada di hadapan teluk batu pantai semeti ini,  siapa yang mampu mengitung berapa kali ombak menari -nari masuk kesini hanya untuk menunjukkan diri bahwa dialah yang berkuasa dan yang mampu berada dalam teluk indah dibandingkan dengan Milyaran ombak yang lain,  Ingin aku berubah seketika menjelma menjadi ombak agar bisa berenang sedalam dalamnya kedalam teluk batu semeti,  tapi apalah daya saya hanya seorang penikmat berbagai keindahan yang didepan mata.  Huffff Semeti tak cukup ku ungkapkan dengan kata kata. Yup kamu Amazing 
Pantai Semeti Lombok NTB
Terimakasih Semeti pemandangan ini indah 

Yang ada hanya keinginan dan keinan ku ingin menyelupkan kaki atau berenang kedalamnya tapi itu semua itu tidak mungkin karena air laut pantai semeti ini begitu keras dan dalam, lihat saja warnanya biru banget.
Pantai Semeti Lombok NTB
Ingin nyemplung tapi dalam


Tak sengaja mata ku terlempar ke sebelah kiri pantai semeti yang akhirnya saya menemukan spot yang lebih bening lagi air laaut yang kebiruan dicampur warna hijau menandakan dangkal namun tetap saja tidak bisa bermain mengingat ombaknya yang keras.
Pantai Semeti Lombok
Pantai semeti

Jika diantara kalian ingin berlibur ke pantai ini sekaligus memiliki hobi memancing, saya sarankan membawa alat pancing karena para penggila mancing lokal banyak yang menjadikan pantai semeti sebagai spot memancing meraka, mungkin karena selain dapat bersantai tentunya juga indah
Pantai Semeti Lombok Island
Yang hobi mancing, pantai semeti salah satunya tempat memancing

Dengan pemandangan seperti ini, Siapa yang tidak tertarik mengunjungi pantai yang terselip diantara bukit pantai mawi.
Semeti Beach Lombok
Indah nya pantai semeti

Tak ada kekosongan bagi ombak di pantai semeti ini semuanya pasti akan dimasuki ombak, maka dari itu kalau kapan-kapan kalian mengujunginya jangan sampai bermain dibatas batu yang berwarna kecoklanan karena itu batas ombak naik. khawatirnya kalian akan terseret dan di gulung ombak
Semeti Beach Lombok
Ombak keluar masuk ke dalam batu pantai semeti

Pasir pantai ini putih, dasar pantainya bebatuan namun masih tetap indah dipandang dari atas bukit maupun dari atas batu.
Semeti Beach Lombok
View pantai dari atas batu saat air sudah surut

kalau ingin menikmati pantai pantai diseberang pantai semeti naiklah kebukit ini kalian akan melihat pantai mawi, pantai selong belanak dan juga dapa menikmati keindahan pantai semeti secara keseluruhan, tentunya berselfi ria.
Pantai semeti Lombok
Naik kebukit ini untuk menikmti pantai smeeti seluruhnya

Paling suka dengan spot seperti ini, tak menyangka kalau ini adanya dilombok, berkelas banget serasa diluar negeri. terimakasi lombok
Pantai semeti Lombok
Spot favoriteku nih di pantai semeti

Inilah wujud batu pantai semeti, tidak seperi batu batu yang lain, ini bukam ukiran pemahat, tapi ini kejadian alam yang sungguh luar biasa yang tak lain kekuasaan Allah SWT
Pantai semeti Lombok Tengah
Batu nya Pantai Semeti


Pantai semeti Lombok
Pantai Semeti

Salah satu kesenanganku lagi yaitu mandi, mandinya diwaktu sore. Sehabis explore dari sudut ke sudut tentu menghabiskan semua tenaga ditambah teriknya matahari yang membakar kulit memerlukan istrahat yang cukup istirahat yang kupilih berendam di air pantai waktu sore sambil menunggu waktu sunset. Airnya dingin banget
Pantai semeti Lombok

Akhirnya yang ku tunggu tiba juga yaitu waktu sunset, tapi sayangnya moment seperti ini tidak dapat ku abadikan semuanya mengingat powerbank dan hpku chargernya habis semua, tinggal bersabar dan bersabar hanya bisa kunikmati sendiri detik demi detik sunset
Pantai semeti Lombok
Sunset Pantai semeti

1 komentar:

angkisland mengatakan...

indahnya pantai semeti luar biasa mas mantap punya dah nie spot... keceee badai eeuuyy... semoga dapat banyak ikan dah di sini siap explore....

Posting Komentar